Kurikulum

Berikut ini sajian kurikulum Doktor Ilmu Pertanian Semester Ganjil 2021/2022

Mata Kuliah Topik Khusus Penunjang Disertasi:

  • Bioteknologi Pertanian Lanjut.

    Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini membahas mengenai bioteknologi, bioproses, dan teknologi fermentasi berbasis AIK. Materi bioteknologi mencakup struktur dan organisasi DNA serta proses yang terjadi di dalamnya baik secara alamiah maupun hasil rekayasa manusia, dilengkapi dengan bioetika, khususnya terkait dengan nilai-nilai AIK. Materi bioproses dan teknologi fermentasi meliputi aktivitas metabolisme mikroba selama proses fermentasi, teknik isolasi, media dan Inokulum fermentasi, serta metode dan kinetika fermentasi. Mata kuliah ini juga menjelaskan model fermentasi mekanisme fermentasi yang dilakukan pada produk pakan dan pangan yang memiliki nilai halalan dan toyyiban.

  • Mirkobiologi Lanjut.

    Deskripsi mata kuliah : Mata kuliah ini terdiri atas teori dan praktek tentang mikrobiologi yang lebih dikembangkan yaitu meliputi pengetahuan tentang nutrisi mikroba, metabolisme mikroba, pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba,mekanisme genetika mikroba, kontrol terhadap mikroba, dan implementasi penggunaan berbagai jenis mikroba pengolah pakan, pangan, dan limbah pertanian.

  • Teknologi Tanaman Industri dan Bioenergi.

    Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah Teknologi Tanaman Industri dan Bioenergi mengenalkan konsep, penguasaan, implementasi, dalam berbagai bidang yang terkait dengan teknologi tanaman industri dan tanaman bioenergy. Dalam mata kuliah ini juga diberikan contoh-contoh pengembangan riset, penjelasan fenomena yang dihadapi, pemecahan masalah, serta penemuan kebaruan di bidang Teknologi Tanaman Industri dan Tanaman Bioenergi.

  • Pengembangan Pangan Halal dan Thoyib

    Deskripsi mata kuliah : Mata kuliah Pengembangan Pangan Fungsional mengenalkan tentang penerapan teknologi pangan fungsional dalam formulasi dan pengolahan pangan fungsional, menjelaskan konsep pangan fungsional dan perkembangannya, mengelola dan menganalisis berbagai jenis pangan fungsional Lipida, mengenalkan konsep pangan halal-thoyib, sistem managemen pangan halal, dan inovasi pengembangan pangan halal-thoyib.

Shared:

Kurikulum